1 .Pengorganisasian.
Pengorganisasian adalah suatu proses pembentukan kegunaan yang teratur untuk semua sumber daya dalam sistem manajemen . pengunaan yang teratur tersebut menekankan pada pencapaian tujuan sistem manajemen dan membantu wirausahaan tidak hanya dalam pembuatan tujuan yang nampak tetapi juga didalam menegaskan sumber daya yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tersebut .
Henry fayol , telah mengembangkan beberapa garis pedoman umum yang bisa digunakan ketika menorganisasi sumber daya – sumber data,walaupun garis pedoman tersebut dipublikasikan di inggris pada tahun 1949 ,
1.Menyiapkan dan melaksanakan rencana operasional secra bijaksana.
2.Mengkoordinasi semua aktivitas-aktivitas dan usaha-usaha.
3.Menetapkan wewenang tunggal, kompeten,enerjik ,dan menuntun ( struktur manajemen formal )
4.Merumuskan keputusan yang jelas,berbeda dan tepat.
5.Mengorganisasi faset kemanusiaan dan bahan sehingga konsisten dengan tujuan-tujuan ,summber daya-sumber daya dan kebutuhan dari persoalan tersebut.
6.Mendefinisi tugas-tugas.
7.Mendorong inisiatif dan tanggung jawab.
8.Mempertahankan disiplin.
9.Mengakui adanya satu komando.
A.Bagan-Bagan Organisasi.
Menurut Keith Davis ada 6 bagan bentuk struktur organisasi yaitu :1. Bentuk Vertikal
2. Bentuk Mendatar / horizontal
3. Bentuk Lingkaran / circular
4. Bentuk Piramida terbalik (Invented Piramid)
Bagan organisasi adalah suatu upaya dengan tulisan atau lisan untuk menunjukan tingkatan organisasi.
1 . Bentuk Vertikal.
Bentuk Vertikal yaitu dalam hal ini pelimpahan kekuasaan dari atas kebawah ,hanya bagan vertikal berwujud tegak sepenuhnya.( bentuk Vertikal seperti Pyramid )
2 . Bentuk Mendatar.
. Bagan mendatar ialah bentuk bagan organisasi yang saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari kiri kea rah kanan atau sebaliknya.
3 . Bentuk Lingkaran.
Bagan Lingkaran ialah bentuk bagan organisasi yang saluran wewenangnya dari pucuk pimpinana sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran ke aarah bidang lingkaran.
4. Bentuk Piramida terbalik.
Adalah bentuk yang mudah dimengerti ,
Ciri-ciri :
A. Jumlah satuan organisasi tidak banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki kewenangan sedikit.
B. Jumlah pekerja bawahan yang harusdikendalikan harus banyak.
C. Format jabatan untuk tingkat pimpinan sedikit karena pimpinan relatif kecil.
B. DEPARMENTALISASI
Pegawai atau karyawan dalam suatu perusahaan terhubung dalam suatu kesatuan struktur yang menyatu dengan tujuan agar pekerjaan yang ada dapat terselesaikan dengan lebih baik dibandingkan tanpa adanya pembagian bagian tugas kerja.Untuk melakukan pengumpulan orang-orang dalam suatu unit, divisi, bagian ataupun departemen dengan tugas pekerjan yang berkaitan diadakan kegaitan departementalization atau departementalisasi.
Pembagian departemen atau unit pada struktur organisasi dapat dibagi menjadi 3 (tiga) macam yaitu :
1. Deparmentalisasi Menurut Fungsi.
Pada pembagian ini orang yang memiliki fungsi yang terikat dikelompokkan menjadi satu. Umum terjadi pada organisasi kecil dengan sumber daya terbatas dengan produksi lini produk yang tidak banyak. Biasanya dibagi dalam bagian keuangan, pemasaran, umum, produksi, dan lain sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar