Senin, 08 Oktober 2012

pengertian s.i.a


Pengertian Sistem Informasi Akuntansi
Sistem Informasi Akuntansimerupakan sistem informasi fungsional yang mendasari sistem informasi fungsional yang lainnya seperti sistem informasi keuangan, sistem informasi pemasaran, sistem informasi produksi dan sistem informasi sumber daya manusia. Sistem-sistem informasi lain membutuhkan data keuangan dari sistem informasi akuntansi.

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Ahli

  1. Menurut Wilkinson dan Cerullo (1995, p.5-6) pengertian sistem informasi akuntansi merupakan struktur yang menyatu dalam suatu entitas, yang menggunakan sumber daya fisik dan komponen lain, untuk merubah data transaksi keuangan/akuntansi menjadi informasi akuntansi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dari para pengguna atau pemakainya (users).
  2. Beberapa batasan pengertian (definisi) Sistem Informasi Akuntansi lain yang dapat dikutip misalnya pendapat Wilkinson (1990) bahwa sistem informasi akuntansi adalah merupakan sistem informasi formal, memiliki tujuan (kegunaan), tahap, tugas, pengguna, dan sumber daya dan mencakup ke seluruh kegiatan perusahaan dalam penyediaan informasi bagi semua pengguna di perusahaan tersebut.
  3. Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut George H. Bodnar dan William S. Hopwood dalam bukunya yang diterjemahkan oleh Jusuf, A.A. (1996, h.1) pengertiansistem informasi akuntansi adalah, “Kumpulan sumber daya, seperti: manusia dan peralatan, yang diatur untuk mengubah data menjadi informasi akuntansi.” Informasi ini dikomunikasikan kepada para penggunanya untuk berbagai pengambilan keputusan.
  4. Pengertian Sistem Informasi Akuntansi menutut Mulyadi (2001, h.3) mendefinisikan, “Sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.”
  5. Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Niswonger, Fess & Warren diterjemahkan oleh Ruswinarto, H. (1995, h.248), “Sistem akuntansi adalah suatu sarana bagi manajemen perusahaan guna mendapatkan informasi yang akan digunakan untuk mengelola perusahaan dan untuk menyusun laporan keuangan bagi pemilik, kreditor, dan pihak lain yang berkepentingan.”
  6. Pengertian Sistem Informasi Akuntansi  menurut Baridwan (1998, h.6), “Sistem akuntansi terdiri dari formulir-formulir, catatan-catatan, prosedur dan alat-alat yang digunakan untuk mengolah data mengenai suatu mengenai usaha suatu kesalahan ekonomis dengan tujuan untuk menghasilkan umpan balik dalam bentuk laporan-laporan yang diperlukan oleh manejemen untuk mengawasi usaha-usahanya dan bagi pihak-pihak lain yang berkepentingan seperti pemegang saham, kreditur, dan lembaga-lembaga pemerintah untuk menilai hasil operasi.”

SIA terdiri dari lima komponen:
1. Orang-orang,
2. Prosedur-prosedur
3. Data
4. Software (perangkat lunak)
5. Infrastruktur teknologi informasi.
Kelima komponen ini memenuhi tiga fungsi yaitu:
  1. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas dan transaksi-transaksi yang dilaksanakan oleh organisasi.
  2. Mengubah data menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk membuat keputusan dalam aktivitas perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.
  3. Menyediakan pengendalian yang memadai untuk menjaga harta organisasi.
4.      Faktor-faktor yang mempengaruhi perancangan SIA
5.       
6.      https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhq354yRZ5ikfippmFhA17Wor1ivBIB5L4m-1uUasVV_mXRH6xGf8BDyob2dG2Kh6zHMx9qPrhg0BwJ9R1GHFTq__RkVH9IqKtH1rlO5G-S3xr0fDXn7w84Cp2gUkaG-4NYxfxShCh-ksT9/s320/gmbr.png


Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain :
Ø  Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
Ø  Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses
Ø  pengambilankeputusan.Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi
Manfaat SIA
•Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utamapada value chain secara efektif dan efisien.
•Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan.
•Meningkatkan efisiensi
•Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
•Meningkatkan sharing knowledge
Karakteristik SIA yang membedakannya dengan subsistem CBIS lainnya :
•SIA melakasanakan tugas yang diperlukan
•Berpegang pada prosedur yang relatif standar
•Menangani data rinci
Sistem Informasi Akuntansi terdiri dari 3 subsistem:
•Sistem pemrosesan transaksi, mendukung proses operasi bisnis harian.
•Sistem buku besar/pelaporan keuangan, menghasilkan laporan keuangan, seperti laporanlaba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak.
•Sistem pelaporan manajemen, yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporankeuangan bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan,seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar